Gen Z Nikmati Kemudahan Akses Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN

Langsa, Lintaskini.id | Di era teknologi yang semakin maju, kemudahan akses informasi menjadi kebutuhan penting termasuk di bidang kesehatan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah dengan meluncurkan Aplikasi Mobile JKN untuk mengikuti era digitalisasi.

Aplikasi tersebut memudahkan peserta untuk mengakses berbagai layanan hanya dengan menggunakan ponsel, tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Hal ini dirasakan langsung oleh Adzra Athika Mahira (19), seorang remaja asal Kota Langsa yang telah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN dalam kehidupan sehari-hari.

Adzra akrab sapaannya, menceritakan kemudahan mengakses Program JKN hanya dengan menggunakan ponsel.

“Sejak awal diluncurkan, saya merasa Aplikasi Mobile JKN sangat membantu terutama untuk anak muda seperti saya yang sudah terbiasa dengan teknologi. Semua informasi yang saya butuhkan tersedia dalam genggaman, dengan memanfaatkan perkembangan digitalisasi saat ini, Aplikasi Mobile JKN dapat menghemat waktu dan jarak tempuh sehingga kita tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan,” tutur Adzra, Rabu (7/1/2025).

Meskipun sebenarnya Adzra mengaku jarang menggunakan kartu JKN miliknya untuk berobat, tetapi ia mengaku tetap mengikuti perkembangan Program JKN melalui Aplikasi Mobile JKN.

Hal tersebut ia lakukan sebagai bentuk antisipasi jika suatu saat membutuhkan informasi lainnya terkait akses layanan kesehatan.

“Saya tahu bagaimana cara mengakses informasi penting melalui Aplikasi Mobile JKN karena saya selalu update mencari tahu fitur-fitur terbaru dari Aplikasi ini. Hal ini sebagai persiapan diri saya, jika ada hal mendesak bisa diatasi melalui Aplikasi Mobile JKN”, ucap Adzra.

Menurutnya, aplikasi ini juga memberikan kemudahan ketika menggunakannya, tidak membuat orang awam seperti saya ini kebingungan dalam mengaksesnya.

Salah satu fitur yang baru-baru ini saya gunakan adalah fitur antrean online yang saya gunakan ketika ayah saya harus menjalani rawat jalan pada salah satu rumah sakit di Kota Langsa. Fitur ini sangat menghemat waktu, jadi tidak perlu berlama-lama di fasilitas kesehatan.

Selain menggunakan fitur antrean online untuk ayahnya, Adzra mengaku selama ini sering menggunakan fitur bugar ketika sedang berolahraga diwaktu senggangnya.

Menurutnya, fitur Bugar ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang suka berolahraga karena dapat mengetahui berapa kalori yang sudah terbakar ketika olahraga.

“Saya menggunakan fitur bugar ini untuk mengetahui heart rate ketika sedang berolahraga, yang menurut saya ini sangat penting”, jelas Adzra.

Selain itu juga, tambah Adzra, dengan adanya fitur Bugar, saya merasa lebih terinspirasi untuk menjaga pola hidup sehat. Secara keseluruhan fitur Bugar telah membantu saya untuk lebih sadar dan aktif dalam menjaga kesehatan. Saya bahkan sudah merekomendasikan fitur ini kepada teman-teman disekitar saya yang ingin hidup lebih sehat.

Adzra mengaku sangat mengapresiasi inovasi BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN yang terus mengembangkan fitur-fitur terbarunya.

Dirinya mengajak seluruh peserta JKN untuk memanfaatkan layanan digital yang lebih efisien karena dapat dilakukan di mana saja selama terhubung dengan internet.

“Saya berharap seluruh peserta Program JKN untuk dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN dalam mengakses layanan kesehatan. Dengan manfaat yang telah saya rasakan ketika menggunakan aplikasi ini, saya ingin semua orang harus merasakan manfaat kemudahan akses seperti yang saya rasakan juga’, pinta Adzra.

Dirinya berharap, semoga Program JKN terus menjadi lebih baik ke depannya dengan mengikuti kemajuan teknologi yang saat ini terus berkembang, dan diharapkan seluruh kalangan dapat memanfaatkan Program JKN dengan baik.

Komentar