Aceh Tamiang – Perkembangan teknologi pada sektor pelayanan publik telah lama diterapkan BPJS Kesehatan. Sejak beroperasi pada tahun 2014, instansi penyelenggara Program JKN tersebut telah mengembangkan banyak inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.
Hal ini yang dirasakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bernama Widya Sri Rahayu (21) yang merasa dimudahkan melalui aplikasi besutan BPJS Kesehatan bernama Aplikasi Mobile JKN.
Luar biasa, inovasi digital Aplikasi Mobile JKN. Berbagai fitur sudah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan di dalam aplikasi tersebut. Fitur antrean online pada aplikasi tersebut selalu menjadi andalan saya untuk berobat tanpa mengantre di lokasi fasilitas kesehatan, sungguh memudahkan. Ketika saya dirawat saja, hanya menunjukkan kartu digital sudah pasti dijamin.
Di rumah sakit pun pelayanannya sangat bagus, perawat dan petugas rumah sakit lainnya mengarahkan saya sesuai alur dan di sana saya dibekali cara menggunakan Mobile JKN,” ungkap warga Kelurahan Alur Manis, Kabupaten Aceh Tamiang kepada Jamkesnews, Kamis (22/12).
Segudang manfaat dari aplikasi tersebut juga dirasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Widya mengaku bahwa pada awalnya tidak pernah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, walaupun sudah mengunduh dan melakukan registrasi pada smartphone miliknya.
Beberapa waktu lalu, saat dirinya mendengar ada banyak fitur Mobile JKN yang baru dari perawat di rumah sakit, ia pun jadi semakin penasaran.
Sangat penasaran sekali ketika diberitahu dan ingin segera mencobanya saat itu juga. Apalagi fitur antrean online. Setelah saya coba, ternyata memang fitur ini memangkas waktu tunggu saya di rumah sakit. Saya jadi bisa menentukan waktu yang telah dijadwalkan, merencanakan aktivitas sesuai dengan target yang saya inginkan.
Sebelum ada fitur ini, saya biasanya datang lebih awal agar mendapatkan antrean pertama, jika tidak maka waktu tunggu saya akan semakin lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Akibatnya saya kehilangan waktu untuk melakukan hal lain,” kata Widya.
Sebelum mengakhiri perbincangan, Widya berharap agar pelayanan yang dihadirkan secara digital ini dapat terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.
Selain itu dia juga mengharapkan agar BPJS Kesehatan dapat terus menyebarluaskan manfaat Program JKN kepada masyarakat, sehingga mereka dapat memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan sebelum sakit. (Rolly)
Komentar