Langsa – Dimasa era digital saat ini, kita semua membutuhkan suatu inovasi baru dalam pelayanan publik. Organisasi yang memiliki budaya yang kuat mengalami tingkat kreatifitas dan inovasi yang lebih tinggi.
Begitulah BPJS Kesehatan, demi memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan administrasi maupun mendapatkan pelayanan kesehatan penyelenggara Program JKN ini, terus mengembangkan aplikasi Mobile JKN seperti yang telah di rasakan oleh Nurul Qhamariah (25).
Nurul ia disapa, mengaku sangat dimudahkan sejak memiliki Aplikasi Mobile JKN pada smartphone miliknya. Saat dijumpai tim Jamkesnews pada Rabu (30/11), ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak perlu lagi untuk mengantri jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.
“Mobile JKN merupakan sebuah solusi dalam mengoptimalkan pelayanan publik. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan antrean online, yang mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna aplikasi ini,” ungkap Nurul.
Nurul juga menuturkan, dengan Aplikasi Mobile JKN peserta juga bisa melakukan Skrining kesehatan pada fitur Skrining riwayat kesehatan. Skrining riwayat kesehatan ini dilakukan agar peserta JKN dapat mengetahui potensi risiko penyakit kronis agar dicegah sedini mungkin sehingga dapat terhindar dari penyakit.
Pertanyaan dari fitur tersebut tentang kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga dan pola makan. Apabila semua pertanyaan sudah dijawab semua maka akan memperoleh hasil skrining kesehatan saat itu juga.
Jika hasil skrining memiliki risiko rendah maka kita akan diingatkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Namun, apabila hasilnya adalah risiko sedang atau tinggi maka peserta dihimbau untuk konsultasi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) untuk mendapatkan penjelasan terhadap hasil skrining dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, tutur Nurul.
Mengakhiri pembicaraan Nurul mengajak masyarakat agar segera mengunduh aplikasi Mobile JKN yang menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya, seperti kartu digital, cara pembayaran, konsultasi dokter, ubah data peserta dan masih banyak fitur lainnya.
“Pemerintah telah melakukan terobosan baru untuk meningkatkan pelayanan publik. Mobile JKN ini, menjadi sesuatu yang dibutuhan oleh masyarakat. Manfaat yang didapatkan sangat banyak, salah satunya yaitu efisiensi waktu, biaya, dan tenaga, dan pelayanan publik menjadi lebih cepat,”ujar Nurul. (Rolly)
Komentar