Program JKN Merupakan Solusi Dedi Ketika Sakit

LangsaKehadiran Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sejak 2014 merupakan alasan utama meningkatnya kesehatan rakyat di Indonesia. Tak bisa dipungkiri, fasilitas dari pemerintah ini memberikan akses yang lebih mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan kepastian perlindungan kesehatan. 

Program JKN menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia, ditengah tingginya biaya kesehatan di Indonesia, terutama bagi Dedi Saputra (31).

Dedi sapaan akrabnya, merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2, Ia menceritakan pengalamannya ketika mengalami sakit lambung dan harus dirawat di Rumah Sakit. 

“Kalau bicara pengalaman dirawat inap, saya pasti akan selalu ingat dengan Program JKN. Pada tahun 2018 saya pernah dilarikan ke Rumah Sakit karena lambung saya bermasalah. Awalnya, saya sedang asyik menonton televisi di rumah dan tiba-tiba saja perut saya sangat sakit seperti labung saya diremas. Kejadian ini membuat saya tidak sadarkan diri sehingga saya harus dilarikan ke Rumah Sakit Ummi Kota Langsa,” ungkap Dedi.

Dedi menyampaikan bahwa bukan melebih-lebihkan manfaat Program JKN benar-benar dirasakan oleh dirinya. Biaya yang harus dibayar di Rumah Sakit dirasanya sangat besar jika tidak ada jaminan kesehatan seperti JKN yang menjaminnya.

“Pelayanan yang saya terima selama menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Ummi bagus dan tidak ada kesulitan. Pendaftaran registrasi saat itu juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Saya sangat beryukur telah telah terdaftar sebagai peserta Program JKN karena semua pembiayaan pelayanan kesehatan dan obat-obatan saya dijamin penuh,” sampai Dedi.

Diakhir pertemuan Dedi juga mengaku dirinya sering menggunakan Kartu JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk pengobatan-pengobatan ringan. Ia merasa senang selain menjamin biaya pelayanan kesehatan, dirinya juga puas dengan pelayanan yang di dapatkan. 

“Saya sering ke klinik untuk berobat asam urat saya yang sering kambuh hanya bermodalkan kartu digital pada aplikasi Mobile JKN. Sebagai orang yang merasakan langsung manfaat dari Program JKN, saya merasakan sangat puas dengan pelayanan yang seelama ini saya dapatkan. Semoga Program JKN KIS terus membawa manfaat yang lebih baik lagi bagi yang membutuhkan,” tutup Dedi. (Rolly)

Komentar